10 Obyek Wisata Di Sumatera Barat Yang Wajib Dikunjungi

Obyek wisata menarik di sumatera barat – Sumatera barat ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah dan bisa dikatakan memenuhi standar internasional.

Tempat wisata Sumatera Barat mulai dari wisata alam hingga sejarah dan budaya tersebar di berbagai kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Jika pergi ke provinsi Sumatera Barat, sebagai tempat kelahiran Bung Hatta, wakil presiden pertama Republik Indonesia, akan ada kesan tersendiri.

Di Sumatera Barat, Anda bisa bersantai di pulau Lengkuas yang tak berpenghuni, yang tampak seperti pulau pribadi.

Selain itu, Sumatera Barat masih memiliki banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Tidak diragukan lagi bahwa Sumatera Barat adalah tujuan wisata yang lengkap.

Selain terkenal dengan wisata kuliner yang biasa disebut dengan lamak bana, masih banyak acara kemeriahan di ranah Minang.

Sumatera Barat, provinsi yang identik dengan empat kata berakhiran “ANG”: Padang, Minang, Jam Gadang dan Rendang ini memang selalu menjadi daerah yang sangat menawan.

Kata Padang merujuk pada nama ibu kota provinsi yang menjadi asal mula lagu Ayam Den Lapeh, dan kata Minang merupakan singkatan dari Minangkabau yang merupakan suku asli dan juga mayoritas di Sumatera Barat.

Selain empat kata populer dari Sumatera Barat ini, masih banyak lagi tempat wisata, wisata kuliner dan budaya dari daerah asal rumah gadang ini.

Sebut saja tempat wisata Sumatera Barat yang sangat menarik untuk dikunjungi, banyak sekali.

Mulai dari ujung utara di daerah Pasaman hingga ujung selatan di daerah Pesisir Selatan.

Berikut beberapa tempat wisata Sumatera Barat yang wajib dikunjungi jika ingin menghabiskan liburan di Minang.

Obyek Wisata di Daerah Sumatera Barat

1. Obyek Wisata Danau Singkarak Di Sumatera Barat

Danau Singkarak merupakan danau terbesar di Sumatera dan terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Danau Singkarak berada di tengah-tengah antara kota Solok dan Padang Panjang.

Terkenal dengan ikan bilihnya, Danau Singkarak juga sangat strategis jika ingin menjangkau beberapa tempat wisata di Sumatera Barat.

2. Obyek Wisata Danau Maninjau Di Sumatera Barat

Danau Maninjau merupakan danau yang cukup indah dan menarik, tak heran jika Danau Maninjau di Sumatera Barat menjadi salah satu danau yang paling menakjubkan di Indonesia.

Danau Maninjau berjarak sekitar 36 km dari kota Bukittinggi dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan berliku yang dikenal dengan berkelok 44 (berliku ampek-ampek).

Danau Maninjau juga memiliki kondisi untuk berenang, memancing, bersepeda air, yang cukup menyenangkan, dan ada hotel dan homestay yang cukup terhormat.

Menginap di kawasan Maninjau dengan pemandangan yang menyenangkan dan menenangkan akan meninggalkan pengalaman yang tak terlupakan.

Desa Maninjau terletak di tepi danau. Buya HAMKA, salah satu penulis terkenal Indonesia, lahir di desa ini.

3. Danau Atas Bawah Sumatera Barat

Danau Atas dan Danau Bawah atau yang dikenal dengan Danau Kembar di Sumatera Barat.

Tempat wisata Danau Atas Bawah ini terletak di dekat Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Danau Diatas dan Danau Bawah.

Terlihat unik karena letaknya berdekatan. Satu-satunya perbedaan adalah ketinggian kedua danau.

Di atas danau berada pada ketinggian 1531 meter di atas permukaan laut, dan di bawah danau – pada ketinggian 1.663 meter di atas permukaan laut.

Lokasi Danau Atas dan Bawah berada di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kab. Solok berjarak sekitar 47 km dari kota Solok dan 56 km dari kota Padang.

Untuk mengunjungi danau ini, Anda bisa pergi dari kota Padang dengan rute Searevue-Laut-Lubuk-Selasih-Solok.

4. Jam Gadang Ikon kota Bukittinggi Sumatera Barat

Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata di Sumatera Barat yang satu ini, Jam Gadang.

Jam Gadang, sebagai landmark dan simbol kota Bukittinggi, adalah sebuah bangunan menara megah dengan atap khas Minangkabau yang terletak di pusat kota Bukittinggi.

Dari atas menara Jam Gadang kita bisa menikmati dan melihat betapa indahnya alam di sekitar kota Bukittinggi yang dihiasi dengan Pegunungan Merapi, Pegunungan Singgalang, Pegunungan Sago dan Ngarai Sianok.

Selain itu, Jam Gadang juga berguna sebagai referensi bagi masyarakat sekitar untuk mengetahui waktu. Keunikan dari Jam Gadang adalah angka 4 yang tertulis IIII.

5. Obyek Wisata Ngarai Sianok di Sumatera Barat

Tempat Wisata Ngarai Sianok Sumatera Barat yang terletak di perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam terpilih sebagai Objek Wisata Terbaik Provinsi Sumatera Barat dan meraih Penghargaan Pariwisata Padang (PTA) 2007 karena mampu pulih dengan cepat dari kerusakan parah disebabkan oleh kekuatan gempa. 6.4 skala S pada bulan Maret 2007.

Ngarai Sianok merupakan lembah terjal sedalam sekitar 100 meter, terbentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter, memanjang dan berkelok-kelok dari selatan Ngarai Koto Gadang.

Menuju jurang Enam Suku Sianok dan berakhir di kawasan Palupukh, Agam dan memiliki pesona pemandangan yang indah.

Keindahan alam Ngarai Xiangok yang mempesona selalu diabadikan oleh wisatawan dalam foto dan imajinasi para seniman.

6. Wisata Budaya Istana Pagaruyung 

Tempat Wisata Istano Pagaruyung terletak di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, sekitar 5 km dari Kota Batusangkar.

Kerajaan Pagaruyung merupakan objek wisata utama di Kabupaten Tanah Datar yang dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang memiliki ciri khas Minangkabau.

Di dalam istana terdapat peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Anda juga akan disuguhi dengan udara yang begitu sejuk disekitar Istana.

Bangunan Istana Pagaruyung terdiri dari 11 gongjong, 72 kolom dan 3 lantai. Eksterior dan interior dihiasi dengan berbagai ukiran, masing-masing dengan filosofi sejarah dan budaya dan warna Minangkabau.

Sementara itu, berbagai benda bersejarah seperti gerabah dari Kerajaan Pagaruyung dan berbagai kerajinan tangan dari Minang dipamerkan di ruang tamu Istana Pagaruyung.

7. Tempat Wisata Air Terjun Lembah Harau Sumatera Barat

Objek wisata Lembah Harau di Sumatera Barat adalah cagar alam dengan perbukitan kapur terjal setinggi 100 hingga 150 m, terletak 14 km dari Payakumbuh.

Ada juga lima air terjun di Lembah Harau, yang selalu mengalirkan air jernih.

Tempat wisata air terjun ini juga memiliki tempat camping untuk wisata remaja dan kegiatan cagar alam di sepanjang jalan setapak. Cagar alam ini rencananya akan menjadi taman margasatwa pertama di luar Jawa.

8. Pantai Pulau Sikuai

Menyaingi wisata pantai Karimunjawa, tempat wisata Pulau Sikuai di Sumatera Barat adalah salah satu pulau yang terletak di sisi barat Sumatera, hanya sekitar setengah mil dari kota Padang, yang dapat dicapai dengan kapal angkut khusus dengan waktu tempuh sekitar 35 menit dengan keberangkatan dari Dermaga Airud Bungus.

Pengunjung pulau dapat menginap di hotel resor yang dilengkapi dengan fasilitas hotel bintang dua. Resort ini menyediakan 21 cottage dengan kapasitas kurang lebih 45 kamar.

Selain menikmati keindahan wisata pantai dan laut, pengunjung Pulau Sikuai yang menyukai petualangan alam dapat pergi hiking atau menjelajahi hutan alam atau panjat tebing.

9. Lokasi Wisata Lembah Anai Sumatera Barat

Tempat wisata di Lembah Anai ini merupakan ikon pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. Lembah Anai terletak di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi, tepatnya di Nagari, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, sekitar 38 km dari Batusangkar.

Lembah Anai merupakan kawasan lindung Cagar Alam Lembah Anay yang sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda.

Cagar Alam Lembah Anai merupakan kawasan hutan lindung di Sumatera bagian barat, kawasan ini memiliki hutan tropis yang lebat dengan berbagai jenis flora dan fauna.

Keindahan alam dan flora dan fauna yang langka menjadi pemandangan Lembah Anai, keindahan alamnya adalah tiga air terjun dan sebuah danau dengan air kebiruan.

10. Obyek Wisata Budaya Pandai Sikek Sumatera Barat

Pandai Sikek dikenal sebagai pusat pemotongan dan penenunan kain songket. Pandai Sikek terletak di kaki Gunung Singgalang sekitar 10 km dari pintu masuk kota Bukittinggi dengan pemandangan yang indah.

Di sini kita juga bisa melihat kehidupan masyarakat yang bertani secara tradisional. Ada 1000 alat tenun di desa ini. Lukisan kayu dan perabotan rumah juga dibuat di sini.

Semoga 10 tempat wisata menarik di sumatera barat ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi wisata sumatera barat. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published.