10 Oleh-Oleh Khas Kota Solok

Kabau Sirah – Berkunjung ke Solok semakin seru dengan berburu oleh-oleh khas daerah tersebut. Anda dapat dengan mudah menemukan oleh-oleh unik saat berkunjung ke Solok.

Solok merupakan salah satu kabupaten yang masih berada di wilayah Sumatera Barat. Ada beberapa destinasi wisata yang menawarkan panorama keindahan alam atau sejarahnya. Kemegahan tempat-tempat yang bisa digunakan untuk rekreasi dikenal tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Berbicara tentang suatu daerah di Indonesia, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas oleh-oleh khas yang bisa Anda beli. Karena dengan cara ini Anda bisa mengetahui ragam barang atau makanan di setiap daerah. Nah, salah satunya jika Anda berkunjung ke kota Solok yang terkenal dengan pusat gudang suvenirnya.

Anda hanya perlu menyiapkan anggaran jika berencana untuk mengunjunginya. Tidak hanya uang, tetapi juga daftar, agar tidak bingung setelah tiba di kota. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang oleh-oleh khas Solok yang sedang populer saat ini.

Berikut Daftar 10 oleh oleh khas kota Solok :

 

1. Kopi Solok

Banyaknya kawasan perbukitan yang dimanfaatkan warga sekitar untuk membuat kebun kopi menjadikan kawasan ini sebagai oleh-oleh yang unik, yaitu Kopi Solok. Ada 2 spesies yang bisa kamu coba yaitu Robusta dan Arabia. Bahkan minuman ini dipercaya sudah dikenal sejak tahun 1930-an.

Kopi Solok memiliki ciri khas tersendiri yang tidak ditemukan di daerah lain. Yakni, aroma rempah-rempah yang cukup kuat dengan rasa seperti chocolate note dan lemon. Inilah yang membuat siapapun ketagihan jika sudah mencobanya. Harga per bungkusnya juga bervariasi, namun tentunya hal ini tidak akan membebani Anda.

Bahkan kopi ini menjadi salah satu minuman trendi yang banyak peminatnya. Usahakan untuk dibawa saat berada di Solok agar bisa dinikmati di rumah.

 

2. Pangek pisang

Jika daerah lain biasanya lebih mendominasi pengolahan pisang dengan cara disangrai atau disangrai, maka Solok memiliki perbedaan yang sangat unik. Sebagai hidangan non kuliner bernama Pangek Pisang ternyata diolah dengan jumlah bahan yang cukup banyak.

Sedangkan pangek pisang sendiri paling enak disantap dengan nasi ketan putih atau merah hangat. Karena itu adalah pasangannya sejak awal. Dilaporkan juga bahwa makanan ini sering digunakan pada saat upacara adat daerah. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa masakan ini sangat penting di Solok.

3. Kalio dan Palai Baluik

Baluik adalah nama belut di Solok. Saat diolah dengan berbagai bumbu, diperoleh rendang setengah jadi yang dijuluki Kalio. Namun, bukan berarti hidangan ini siap untuk dimasak dan dijual, melainkan melalui proses lain untuk menghasilkan suvenir yang lezat.

Yakni, Pepes Palai Baluik yang akan diubah menjadi Pepes di atas bara dari batok kelapa dan dibungkus dengan daun pisang. Berbeda dengan pepes pada umumnya, makanan ini didominasi jahe, kunyit, dan cabai sehingga memanjakan lidah.

 

4. Teh Solok

Mungkin di berbagai daerah telah ditemukan minuman yang memiliki aroma khas daun. Namun, tak ada salahnya membeli salah satu oleh-oleh khas yaitu Teh Solok.

Bahkan, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan tubuh, mengingat teh ini menggunakan kombinasi bahan-bahan alami. Kandungan tanin yang cukup tinggi membuat rasa teh ini tajam, namun tetap menyegarkan.

Ada 4 jenis yang bisa kamu masukkan ke dalam kantong kado keluarga di rumah, yaitu hitam, putih, merah dan hijau. Menariknya, minuman ini menjadi favorit Ratu Belanda yang tinggal di Solok. Cerita ini mungkin menunjukkan bahwa teh ini sudah ada cukup lama dan populer secara luas.

5. Dendeng Pucuak Ubi

Anda mungkin penasaran dengan hadiah ini. Disebut Dendeng Pucuak Ubi dan terbuat dari pucuk daun singkong yang kemudian dikeringkan hingga menyerupai dendeng. Toh, hasil akhirnya sendiri lebih seperti keripik yang renyah dan memiliki rasa gurih saat dikunyah.

Membeli jajanan ini sangat cocok untuk keluarga di rumah, apalagi jika disantap saat seluruh keluarga akan bersantai. Menemukan Dendeng Pucuk Ubi di Solok tidaklah sulit, mengingat sudah banyak toko yang menjualnya.

 

6. Kacang Makademia

Pernahkah Anda mendengar tentang kacang terlezat di dunia? Jika ya, maka Anda tahu di mana tempat yang menjualnya. Nah pertanyaan ini akan terjawab sesampainya di Solok, dimana tempat ini merupakan sentra kacang macadamia yang dianggap sebagai kacang terlezat di negara lain.

Sudah terbukti bahwa minyak kacang ini tidak hanya terkenal karena rasanya, tetapi juga membawa banyak manfaat bagi tubuh. Apalagi jika diolah untuk kesehatan (farmasi) dan kecantikan. Bentuk kacang macadamia mirip dengan buah kemiri, tetapi rasanya gurih, renyah dan lembut yang menjadi ciri khasnya.

Meski cukup mahal, tak sedikit wisatawan yang datang ke Solok hanya untuk mencicipi rasa jajanan ini. Untuk itu, Anda juga tidak boleh melewatkan kesempatan untuk membelinya saat berlibur di daerah tersebut. Karena Anda jarang bisa makan kacang paling mahal dan paling enak.

 

7. Limpiang Pinyaram

Di Solok, tidak hanya kuliner modern yang bisa ditemukan, tetapi juga jajanan tradisional seperti kue Limpiang Pinyaram yang masih banyak dijual di pasaran hingga saat ini. Ciri khasnya adalah warna yang dimilikinya: putih di bagian atas, berbentuk seperti topi, dan cokelat di bagian bawah, berbentuk seperti lingkaran.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat limpiang pinyaram adalah tepung beras dan bahan lainnya. Tepung ini akan dicairkan dan dicampur lalu digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Rasanya cukup manis dan tentu saja gurih. Lebih nikmat lagi jika diminum hangat-hangat dengan kopi atau teh.

Menemukan camilan ini bisa sangat mudah. Karena tidak semua pusat oleh-oleh menjualnya. Namun, jika Anda pergi ke pasar tradisional, Anda pasti akan menemukannya. Padahal pada umumnya kue ini akan selalu disajikan pada acara-acara penting seperti pernikahan atau upacara adat.

 

8. Bareh Solok

Beras merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Namun, Anda juga perlu mencoba oleh-oleh Nasi Solok untuk mengetahui perbedaan tekstur dan rasanya. Jika dilihat dari bentuknya, bentuknya lebih kecil, memanjang dan berwarna putih bersih.

Namun jika direbus, nasi akan menjadi sangat empuk dan mudah hancur saat dimakan. Ada beberapa yang biasa dijadikan oleh-oleh bagi para traveller, yaitu Anak Daro, Pandan Wangi, Cisokan dan Caredan. Namun, jenis hadiah anak-anak paling disukai.

 

9. Kerajinan Tangan Khas Solok

Solok juga merupakan daerah yang banyak menghasilkan kerajinan tangan, khususnya sulam benang. Ada banyak jenis yang bisa Anda bawa pulang. Misalnya baju, hiasan dinding, kipas angin, sarung bantal, dll. Semuanya dibuat secara tradisional oleh masyarakat setempat.

Pada masing-masing kerajinan tersebut tidak hanya terdapat jenis yang berbeda, tetapi juga motifnya. Diantaranya adalah burung merak, pukuak rabuang, duri kaluka, dll. Anda dapat memilih barangnya langsung di pabriknya, namun Anda juga dapat memesannya terlebih dahulu.

Semua ini sesuai keinginan Anda. Namun, jika Anda memesan, itu akan memakan waktu beberapa hari tergantung pada kerumitan barang dan desain. Untuk harga juga berbeda, ada yang murah dan ada yang mencapai jutaan rupiah.

 

10. Bareh Randang

Melihat namanya, Anda mungkin mengira jajanan ini masih satu spesies dengan rendang. Namun hal ini salah besar, karena sebenarnya jajanan ini terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan cara dipanggang.

Tak hanya sampai di situ, santan yang sudah direbus dan gula ditambahkan ke dalam tepung. Saat matang, Bareh Randang akan berbentuk bujur sangkar namun hanya berukuran 1 cm. Rasa manisnya yang khas dengan tampilan yang unik menjadikannya sebagai oleh-oleh yang wajib dimiliki.

Fakta menariknya, Bare Rendang tidak hanya berlokasi di Solok, tapi juga di 50 kota di kawasan Padang. Jika Anda berkunjung ke Solok, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh karena jajanan ini mudah ditemukan.

Nah, itulah rekomendasi oleh-oleh khas Solok yang paling laris di kalangan wisatawan dari luar daerah. Keunikan berbagai jenis blangkon dan pernak-pernik tidak dimiliki daerah lain. Itu sebabnya Anda harus memiliki salah satu dari banyak opsi yang tercantum di atas.