10 Oleh Oleh Khas Padang, Bukan Hanya Rendang dan Keripik Balado

Kabau SirahOleh Oleh Khas Padang – Setelah berwisata ke kota Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat, tidak lengkap rasanya jika pulang kampung tanpa oleh-oleh.

Siapa yang tidak kenal dengan ke ragaman Kuliner Sumatera barat. Wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang biasanya membawa pulang beberapa jenis oleh-oleh khas Ranah Minang.

 

Berikut 10 Daftar Oleh Oleh Khas Kota Padang :

 

1. Rendang

 

 

Makanan khas Padang identik dengan rendang dengan cita rasa yang kaya dan proses memasak yang lama. Tidak hanya rendang daging yang bisa dibawa pulang, melainkan rendang ayam suwir serta telur kering atau rendang talua. Varian dan merk rendang ini beragam dan mudah ditemukan di kota Padang.

 

2. Karupuak Sanjai

 

 

Keripik khas Padang Balado ini banyak disukai wisatawan karena rasanya yang gurih, manis dan pedas.

Karupuak Sanjai adalah makanan ringan yang terbuat dari potongan singkong yang dipotong memanjang kemudian diolah menjadi keripik dan disiram dengan sambal yang nikmat.

Karupuak Sanjai dapat ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di kota Padang dengan harga yang bervariasi.

 

3. Roti randang

 

 

Masakan roti randang modern bisa menjadi pilihan jika ingin membawa pulang oleh-oleh yang berbeda. Roti rendang memadukan rasa pedas dan gurih rendang dengan roti yang lembut dan manis dalam berbagai variasi.

Salah satu yang paling terkenal adalah Roti Randang Ninur yang bisa dibeli di Outlet Lantai 2 Keberangkatan Bandara Internasional Minangkabau.

 

4. Ikan Bilih

 

 

Jika Anda punya waktu, Anda perlu mencoba kuliner ikan endemik yang hanya bisa ditemukan di Danau Singkarak. Olahan ikan bili memiliki rasa yang gurih dan nikmat serta cocok disajikan dengan nasi hangat dan sambal.

Namun, Anda bisa membawa Ikan Bilih yang sudah dikemas dan dikeringkan untuk oleh-oleh.

 

5. Kopi Kiniko

 

 

Kopi Kiniko adalah pabrik dan kedai kopi tradisional yang menawarkan kopi olahan, sangrai atau dalam bahasa aslinya disebut “Mendang”.

Jika sempat berkunjung ke kedai, Anda bisa menikmati kopi Kiniko sambil mengagumi pemandangan Tabek Patah, Tanah Datar. Namun, oleh-oleh Kopi Kiniko dapat ditemukan di berbagai toko dengan harga yang cukup terjangkau.

 

6. Bolu Batik

 

 

Jika batik biasa menjadi motif pada kain, maka kuliner Padang ini justru menjadi motif untuk menghias kue bolu. Selain rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, biskuit Padang ala batik ini juga terlihat cantik.

Uniknya, sajian biskuit ini dihiasi dengan motif batik dari berbagai daerah di Indonesia.

 

7. Kerupuak Jangek

 

 

Kerupuk jangek adalah makanan olahan dari kulit sapi yang darinya kerupuk Padang dibuat. Kerupuk jangek sebagai oleh-oleh khas kota Padang dijual mentah atau dimasak.

Kerupuk jangek tersedia tidak hanya dalam rasa original, tetapi juga dalam rasa gurih dan rasa balado.

 

8. Kalamai

 

 

Kalamai adalah kue basah yang terbuat dari tepung beras dan gula aren, mengingatkan pada bobblehead. Kalamai khas Padang berbentuk pipih dan memiliki ciri khas rasa manis.

Kalamai dikemas dalam kemasan plastik berbentuk kotak atau bulat.

 

9. Kipang

 

 

Jika di Jawa kita mengenal masakan ampiang, maka di kota Padang ada masakan kipang. Kipang adalah jajanan yang terbuat dari kacang tanah dan gula merah sehingga rasanya gurih, manis, dan nyata.

Kipang cocok sebagai oleh-oleh, bisa disantap dengan secangkir teh atau kopi.

 

10. Mukena Kerancang

 

 

Selain masakan khas, Anda juga bisa membawa pulang oleh-oleh berupa Mukena Kerancang. Mukena Kerancang adalah alat sembahyang untuk wanita, dihias dengan bordiran khas Bukittinggi Kerancang.

Karena teknik bordir Kerantsang cukup rumit, semakin halus bordirannya, semakin mahal harga mukennya.