10 Tempat Wisata Alam Paling Hits Di Riau yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Alam Paling Hits Di Riau – Kepulauan Riau memiliki potensi wisata alam yang luar biasa yang layak Anda kunjungi. Anda bisa menikmati indahnya destinasi wisata alam yang menyaingi Lombok atau Bali.

Ada wisata pantai dan wisata gunung yang bisa Anda kunjungi. Berikut 10 tempat wisata alam yang bisa Anda jelajahi di Kepulauan Riau. Baca selengkapnya di bawah ini!

1. Pulau Jemur

Pulau Jemur adalah pulau dengan pemandangan menakjubkan yang layak untuk dijelajahi. Sebuah pulau yang terletak di Selat Malaka yang merupakan gugusan pulau paling terpencil di Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari gugusan Pulau Roh yang berbatasan dengan Malaysia.

Pulau Jemur merupakan pulau dengan pantai pasir putih dan juga merupakan rumah bagi penyu hijau. Suasana Pulau Jemur masih alami karena pulau ini sebenarnya tidak berpenghuni. Namun di tempat ini terdapat pos TNI-AL yang digunakan sebagai pos pengamatan.

Selain pantai pasir putih, Anda juga bisa melihat gradasi air laut yang jernih. Kehidupan bawah laut juga kaya akan keanekaragaman hayati. Jika anda tertarik untuk mengunjungi pulau ini, anda harus menggunakan speedboat untuk menuju pulau ini.

  • Lokasi: Kecamatan Limau kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau
  • Tiket Masuk: Gratis

2. Pulau Beting Aceh

Pulau Beting Aceh adalah pasir berbisik kepulauan Riau. Hamparan pasir putih di Pantai Aceh ini akan mengeluarkan suara ketika Anda menginjaknya atau menyentuhnya dengan tangan Anda. Suara yang dibuat oleh pasir seperti bisikan seseorang.

Selain hamparan pasir putih, Anda juga akan melihat gradasi warna laut yang berwarna hijau toska murni. Pulau ini juga memiliki pohon cemara yang bisa dijadikan sebagai tempat berteduh.Waktu terbaik untuk menuju pulau ini adalah pada sore hari sekitar pukul 4-6 sore.

Jika kamu tertarik untuk menuju pulau ini, kamu dapat menyewa speed boat untuk sampai ke pulau ini. Anda dapat melakukan perjalanan dari dua tempat, yaitu desa Tanjung Medan atau Teluk Rhu. Waktu tempuh menuju pulau dengan speedboat kurang lebih 45 menit.

  • Lokasi: Titi Akar, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau
  • Tiket Masuk: Gratis

3. Pantai Trikora

Pantai Trikora terletak di Pulau Bintan, pulau terbesar di kepulauan Riau. Pantai Trikora terbagi menjadi 4 pantai, antara lain Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan Trikora 4. Pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Pantai Trikora berpasir putih lembut, air laut jernih dengan gradasi hijau toska yang menawan. Pantainya cukup landai untuk anak-anak berenang, tetapi Anda tetap harus berhati-hati saat air pasang, arusnya bisa semakin deras.

Selain berenang dan berjalan di pasir putih, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling. Pantai ini juga memiliki toko persewaan snorkel jika Anda tidak memilikinya. Ada banyak aktivitas air yang bisa Anda coba di pantai ini.

  • Lokasi: Ds. Malang Rapat, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Provinsi Riau
  • Tiket Masuk: Gratis

4. Sungai Gulamo

Sungai Gulamo dikenal sebagai Green Canyon Gulamo karena karakteristik Sungai Gulamo yang terletak di antara bebatuan. Sungai Gulamo memisahkan tebing, dihiasi dengan banyak tanaman hijau di sepanjang tebing.

Sungai Gulamo memiliki air yang jernih dan udara yang sejuk. Di sini Anda bisa menikmati berbagai olahraga air seperti berenang, arung jeram atau bermain ban. Saat berkunjung, pastikan Anda membawa makanan dan minuman agar tidak kelaparan.

  • Lokasi: Jl. Bangkinang, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Provinsi Riau
  • Tiket Masuk: Gratis

5. Sungai Kampar

Jika Anda menyukai aktivitas yang menantang, Anda harus mencoba berselancar di Sungai Kampar. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda bisa berselancar di sungai dengan cara yang sama seperti Anda berselancar di laut. Ada arus sungai di Sungai Kampar yang sering disebut masyarakat sebagai gelombang bono.

Gelombang bono disebabkan oleh tumbukan antara arus sungai dan arus laut. Tabrakan tersebut disebabkan oleh aliran sungai menuju laut dan aliran laut menuju sungai. Ombak bono ini menjadi daya tarik bagi para peselancar untuk mencobanya untuk pengalaman yang berbeda.

  • Lokasi: Kec. Kuala Kampar, Kab. Pelalawan, Provinsi Riau
  • Tiket Masuk: Gratis

6. Bukit Ulu Kasok

Bukit Ulu Kasok sering disebut sebagai Raja Ampat Mini karena pemandangan dari atas Bukit Uluk Kasok mirip dengan Raja Ampat di Papua. Pulau-pulau yang terlihat dari Bukit Ulu Kasok adalah pulau-pulau yang terletak di kawasan danau, yang digunakan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air.

Perjalanan menuju Bukit Ulu Kasok membutuhkan stamina yang cukup banyak karena Anda harus mendakinya dalam waktu sekitar 15 menit. Nah, tempat ini juga menyediakan spot selfie yang menarik agar terlihat lebih menawan.

  • Lokasi:Ds. Pulau Gadang, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Provinsi Riau
  • Tiket Masuk: Rp5.000

7. Air Terjun Lubuk Bigau

Air Terjun Lubuk Bigau, juga dikenal sebagai Air Terjun Batang Kapas atau Air Terjun Pangkalan Kapas. Air terjun ini masih dikelilingi oleh hutan yang masih alami dengan berbagai flora dan faunanya. Anda akan merasakan udara segar dengan kicauan burung.

Ketinggian air terjun ini diperkirakan mencapai 150 meter. Keindahan alam di sekitar air terjun ini tidak boleh Anda lewatkan. Air terjun mengalir turun dari batu megah yang menjulang di atasnya. Terdapat celah di tengah batu karang, yang biasanya digunakan untuk bermalam.

  • Lokasi: Ds. Lubuk Ligau, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Provinsi Riau
  • Tiket Masuk: Rp15.000

8. Sungai Hijau

Sungai hijau yang terletak di Desa Salo ini masih mempertahankan keindahannya. Warna hijau murni sungai berasal dari alga dan lumut yang tumbuh di dasar sungai. Sungai ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda, mulai dari 30 sentimeter hingga 1,5 meter.

Sungai-sungai kecil bisa digunakan anak-anak untuk bermain, tetapi orang tua harus mengawasinya. Green River berada di pinggir Jalan Luar Bangkinang, sehingga mudah ditemukan. Panjang sungai ini sekitar 400 meter, memiliki tiga pemandian.

  • Lokasi: Ds. Salo, Kec. Salo, Kab. Kampar, Provinsi Riau
  • Tiket Masuk: Rp5.000

9. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

Tahoora Sultan Syarif Hasim adalah hutan lindung yang terletak di tiga kabupaten: Siak, Kampar dan Pekanbaru. Tahura Sultan Syarif Hasim ini memiliki sekitar 127 jenis flora dan sekitar 62 jenis fauna. Tahura ini juga merupakan rumah bagi Elephant Training Center.

Tahura Sultan Syarif Hasim sudah memiliki fasilitas umum seperti tempat ibadah, taman bermain, pentas seni, bumi perkemahan dan lainnya. Untuk dapat menikmati atraksi yang termasuk di dalam Tahura, Anda harus membayar tiket sesuai dengan objek wisata yang telah Anda pilih.

  • Lokasi: Minas Jaya, Kec. Minas, Kab. Siak, Provinsi Riau
  • Tiket Masuk: Gratis

10. Pantai Lagoi Bay

Pantai Lagoi adalah pantai terkenal di Bintan yang menarik wisatawan lokal dan internasional. Pantai Lagoi terkenal dengan pasir putihnya yang bersih, serta resort-resort mewah yang terletak di sekitar pantai.

Sayangnya, mungkin tidak semua pantai di Lagoi tersedia untuk Anda, karena ada beberapa bagian pantai yang dikelola secara eksklusif oleh resor dan hotel, jadi Anda harus menjadi tamu. Namun Anda tetap bisa menikmati pantai dengan mengunjungi Lagoi Bay yang tidak dikelola oleh pihak resort.

Lagoi Bay merupakan pantai yang bisa diakses secara gratis. Pantai ini dikelola seperti resort, sehingga pantai ini bersih dan terawat. Garis pantai yang panjang dengan pasir putih dan bersih, pantai yang landai menarik wisatawan ke sini.

  • Lokasi: Teluk Sebong, Kec. Bintan Utara, Kab. Bintan, Provinsi Riau
  • Tiket Masuk: Gratis

Wisata alam di Kepulauan Riau juga tidak kalah indahnya dengan pulau-pulau yang ada di Indonesia. Pesona keindahan alam yang ditawarkan Kepulauan Riau wajib dikunjungi. Saat Anda berkunjung ke Kepulauan Riau, jangan lupa untuk mencoba mengunjungi salah satunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.