10 Rekomendasi Tempat Wisata Buat Pecinta Alam Di Sumatera Barat

Tempat Wisata Buat Pecinta Alam Di Sumatera Barat – Beberapa tahun terakhir ini Sumatera Barat memang menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan, baik itu wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara, bahkan banyak yang rela berkunjung hanya untuk melihat keindahan alam tempat wisata Sumatera Barat.

Pulau sumatera masih memiliki banyak tempat wisata yang indah dan alami yang sangat layak untuk di jelajahi, sehingga selain tempat wisata yang terkenal juga masih banyak tempat wisata tersembunyi yang belum dikunjungi dan belum diketahui.

Hal inilah yang menjadikan Sumatera sebagai tempat pesona dan keindahan.

Lalu dimana saja tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi?

Berikut daftar 10 Tempat Wisata Buat Pecinta Alam Di Sumatera Barat .

1. Pulau Pasumpahan

Kota Padang memang menjadi tempat yang sering terlintas di benak wisatawan ketika mendengar tentang Sumatera Barat.

Namun, selain kota Padang, ada pulau lain yang wajib dikunjungi pecinta alam saat berkunjung ke Sumatera Barat, yaitu Pulau Pasumpahan.

Indonesia memang sudah terkenal dengan banyaknya pulau-pulau yang indah, sehingga bisa dikatakan Indonesia memiliki lebih banyak keunggulan di bidang pariwisata, dan salah satu contoh nyatanya adalah Pulau Pasumpahan.

Pulau Pasumpahan telah sering dikunjungi oleh berbagai wisatawan dalam beberapa tahun terakhir karena lokasi menyelam yang sangat baik.

Tidak hanya itu, Pulau Pasumpahan juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Pantai pasir putih, laut lepas dan laut biru jernih menjadikan tempat ini wajib dikunjungi bagi pecinta alam.

2. Pemandian Tirta Alami

Pemandian Tirta Alam yang terletak di tengah dikelilingi pepohonan yang rimbun dan asri menjadi salah satu daya tarik wisata alam Sumatera Barat.

Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang sedang stres dan ingin menyenangkan diri sendiri.

Air yang mengalir dari pemandian ini tentu saja alami dan berasal dari bawah tanah, mengalir dari kolam pemandian alami Tirta.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan komposisi kimia dari sumber air panas ini.

3. Lembah Anai

Sumatera Barat juga memiliki objek wisata terkenal yang juga menjadi ikon kota ini, yaitu Lembah Anai.

Lembah Anai merupakan tempat yang sangat indah dan asri, sehingga sangat populer jika Anda tidak menyempatkan diri untuk datang ke sini.

Air terjun di Lembah Anai diyakini terbentuk dari Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang mengarah ke Lembah Anai.

Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka berfoto, karena selain air terjun, juga terdapat kereta api zaman Belanda dan tebing-tebing besar.

4. Lembah Harau

Selain Lembah Anai, Sumatera Barat memiliki destinasi menarik lainnya yang wajib dikunjungi, yaitu Lembah Harau.

Lembah Harau merupakan lembah yang tinggi dan curam, cukup berbahaya, namun dengan pemandangan indah yang tidak kalah dengan lembah Anai.

Lembah Harau juga sering dijadikan sebagai tempat panjat tebing.

Pengunjung akan melihat banyak air terjun yang sangat indah dan asri. Di sana, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dan bermain, jalur utama menyusuri sungai air terjun di Lembah Harau.

5. Puncak Lawang

Ada sebuah gunung di Sumatera Barat yang puncaknya sudah dikenal bahkan dunia dan para wisatawan, puncak Puncak Lawang ini terletak sekitar 20 kilometer dari kota Bukit Tinggi.

Di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Bukit Tingi dari Punchak Lawang, dari ketinggian Anda dapat melihat hutan yang mengelilingi kota Bukit Tingi dan Danau Maninjau.

6. Istana Pagaruyuang

Istana Pagaruyuang merupakan objek wisata yang sangat menarik. Kerajaanini juga sangat sering dikunjungi wisatawan.

Karena memang disini anda bisa belajar dan melihat berbagai peninggalan Kerajaan Sumatera Barat, hal inilah yang menjadikan Kerajaan Pagaruyuang menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Sumatera Barat.

7. Jam Gadang

Meski Jam Gadang bukanlah objek wisata alam, namun belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Sumatera Barat namun tidak mengunjungi Jam Gadang.

Jam Gadang merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi dan memang tempat ini sangat sering dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Terletak di Bukit Tinggi, lebih tepatnya di tengah Alun-Alun Bukit Tinggi. Menara jam telah menjadi ikon dan simbol kota Padang, jadi cobalah untuk mengunjungi objek wisata ini dan naik ke puncak Jam Gadang untuk menikmati keindahan kota.

8. Air Terjun  Nyarai

Banyaknya hutan yang hanya terdapat di Sumatera Barat menciptakan banyak pemandian alam dan salah satu pemandian alamnya adalah Air Terjun Nyarai.

Air Terjun Nyarai yang terletak di jantung Hutan Gamaran, pengunjung harus berjalan kaki melewati hutan.

Sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan banyak lubuak atau kolam alami seperti Lubuak Lalang, Lubuak Ngungun dan Lubuak Batu Taduang.

9. Pantai Pamutusan

Pantai Pamutusan merupakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Pantai ini merupakan satu-satunya jalan menuju beberapa pulau kecil di pesisir pantai Sumatera Barat.

Memang tempat ini memiliki pantai pasir putih, tetapi objek wisata yang sangat indah, belum tentu pantai, tetapi keindahan pemisahan bawah laut, karena itu tempat ini sering digunakan sebagai objek fotografi untuk mempromosikan Sumatera Barat.

Tempat ini bisa dibilang surganya para wisatawan dan terumbu karang karena di sini Anda bisa melihat dan menikmati hamparan karang yang luas.

Di sekitar Pantai Pamutusan juga terdapat beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi dengan perahu dengan keindahan bawah laut yang sangat indah.

Ada juga hotel dan resort di sekitar Pantai Pamutusan dimana pengunjung bisa bersantai. Kemajuan pariwisata dan keindahan alam inilah yang membuat pantai Pamutusan sangat terkenal di manca negara.

10. Pantai Pagang

Jika Anda membutuhkannya karena ingin dan mendamaikan, maka Pantai Pagang adalah tempat yang harus Anda kunjungi.

Karena Pantai Pamuthusan dikenal wisatawan sebagai tempat bermain dan hiburan, Pantai Pagang sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan dan melepas penat kota.

Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya. Bahkan di sini Anda akan menemukan beberapa resort sederhana yang bisa digunakan pengunjung untuk relaksasi.

Demikianlah  10 tempat wisata sumatera barat paling direkomendasikan untuk pecinta alam.

Keindahan alam yang dimiliki Sumatera Barat memang wajib dikunjungi oleh para wisatawan atau pecinta alam, jadi itulah 10 tempat di Sumatera Barat yang sayang untuk dilewatkan.

Mungkin bisa membantu Anda menemukan destinasi wisata yang menjadi acuan untuk berlibur ke Sumatera Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.