10 Tempat Wisata Hits Di Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat

Tempat Wisata Hits Sumatera Barat  – Sumatera Barat terkenal dengan berbagai tempat wisatanya. Jika Anda ingin menghabiskan liburan di provinsi ini, ada beberapa kawasan yang bisa Anda pilih.

Salah satunya adalah di Wilayah Lima Puluh Kota.

Lima puluh kota seluas 3.354 kilometer persegi diberkahi dengan keindahan alam yang menakjubkan.

Selain wisata alam, ada juga wisata sejarah dan budaya yang tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Biar nggak bingung mau liburan kemana, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Lima Puluh Kota , Sumatera Barat!

1. Rumah Gadang Sungai Baringin

Rumah adat Minangkabau terletak di Sungai Beringin di Payakumbuh. Saat Anda memasuki rumah gadang, Anda akan disambut oleh Medan Nan Bapaneh atau lapangan yang disinari cahaya matahari.

Kotak kecil ini dihiasi dengan ubin berwarna cokelat yang membentuk pola yang indah. Biasa digunakan untuk berbagai seni pertunjukan.

Rumah Gadang Sungai Baringin adalah rumah dengan sembilan kamar dan tujuh gongjong di atapnya.

Dinding kayu dihiasi dengan ukiran Minangkabau. Di halaman rumah gadang terdapat dua rankiang yang berfungsi sebagai lumbung padi.

2. Kampuang Sarosah

Desa unik ini terletak di Jorong Lubuak Limpato, Tarantang, Kecamatan Harau. Di sana, Anda bisa menikmati berbagai atraksi di Harau Dreampark, seperti bersepeda di atas kereta gantung atau mendayung di sungai kecil sambil menikmati alam.

Yang tak kalah menarik adalah suasana rustic buatan yang hadir di sini. Ini seperti di Eropa dengan bangunan berwarna-warni, kincir air, dan replika Menara Eiffel.

Selain itu, ada juga desa Korea dan Jepang di mana Anda bisa menyewa pakaian tradisional.

Desa Sarosa juga memiliki rumah gadang yang akan memperkenalkan Anda pada keindahan budaya Minangkabau.

3. Batang Tabik

Taman air ini terletak di Batang Tabik, Kenagaryan Sungai Kamuyang, Kecamatan Luak. Luas taman bermain ini mencapai 5 hektar.

Batang Tabik Water Park merupakan salah satu tempat wisata terbaru yang mulai beroperasi pada akhir tahun 2020.

Ada berbagai atraksi menarik di sini. Anda bisa naik seluncuran, berendam di pemandian alami dan berenang di 3 kolam.

Kecuali taman bermain ini. Batang Tabik Water Park memiliki kolam prestasi dimana para atlet dapat berlatih renang.

4. Monumen Nasional PDRI

Monumen ini dikenal sebagai Monumen Pertahanan Negara. Tempat ini terletak di Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh.

Monumen ini dibangun untuk memperingati perjuangan bangsa Indonesia pada masa Keadaan Darurat Pemerintah Republik Indonesia (PDRI).

Sebagaimana diketahui, Indonesia pernah membentuk Kabinet Darurat yang dipimpin oleh Syafruddin Prawiranegara dari 22 Desember 1948 hingga 13 Juli 1949, segera setelah Soekarno dan Hatta ditangkap. Ada auditorium di dalam monumen ini serta museum sejarah PDRI.

5. Menhir Belubus

Bagi Anda yang menyukai tempat wisata sejarah, Menhir Belubus mungkin bisa menjadi pilihan. Tempat wisata ini terletak di Sungai Talang, Guguak.

Menhir ini berada di ketinggian sekitar 210-540 meter di atas permukaan laut.

Biasanya menhir ini menghadap ke Gunung Sago. Peneliti mengatakan hal ini karena kepercayaan masyarakat kuno bahwa Gunung Sago adalah gunung yang suci.

Menhir diyakini muncul sekitar 1500 tahun yang lalu.

6. Lembah Harau

Lembah Harau terletak di wilayah Harau. Anda akan melihat pemandangan alam yang indah di daerah tersebut.

Lembahnya subur, udaranya segar dan tebing-tebing curam di sekitarnya. Ada banyak akomodasi dan atraksi di daerah ini.

Bagi pecinta air terjun, Anda bisa mengunjungi beberapa air terjun yang ada di Lembah Harau seperti Sarasa Bunta, Sarasa Aye Lului dan Sarasa Murai.

Ada juga banyak tempat untuk panjat tebing. Soalnya, kamu bisa menikmati tebing setinggi 200 meter!

7. Air Terjun Lubuk Bulan

Air terjun Lubuk-Bulan masih sangat alami. Tempatnya tersembunyi di balik hutan, tepatnya di Nagari Simpang Kapuak, kabupaten Mungka.

Saat sampai di sini, Anda harus ditemani oleh pemandu, karena jalur yang akan dilalui cukup panjang dan berat.

Setibanya di sana, semua rasa lelah Anda akan terbayar lunas saat melihat keindahan air terjunnya. Di sini Anda bisa melihat hal-hal menarik.

Jika diperhatikan, tidak ada air sungai yang mengalir di bawah air terjun.

Luapan air sebenarnya ditempatkan di ceruk atau lubang, seperti bulan di bawah.

Mereka mengatakan bahwa ada sungai bawah tanah, berkat itu air di ceruk tidak meluap, tetapi selalu diserap olehnya.

8. Air Terjun Sarasah Barasok

Tak kalah indah dari air terjun sebelumnya, air terjun Sarasakh Barasok juga menawarkan pemandangan yang memesona. Air terjun ini terletak di Banya Louh, Bukik Barisan.

Aliran air yang turun dari ketinggian 20 meter menciptakan percikan air yang terlihat seperti asap atau asok dalam bahasa Minang.

Itulah sebabnya air terjun ini disebut Sarasakh Barasok.

Untuk sampai ke sini, Anda bisa menggunakan sepeda motor dan berhenti di titik yang telah ditentukan.

Setelah itu, Anda harus melewati jalur hutan yang sulit. Agar tidak tersesat, alangkah baiknya jika ditemani oleh salah satu penghuninya, ya.

9. Air Terjun Lubuk Batang

Air terjun ini terletak di Koto Bangun, Kapoor IX. Saat Anda memasuki air terjun, Anda akan disambut oleh batu karang yang terlihat seperti wajah manusia.

Di sini Anda akan melihat air terjun yang dikelilingi oleh tebing curam. Hamparan pasir di bawahnya menambah keindahan air terjun ini.

Untuk sampai ke air terjun ini, Anda harus melewati hutan terlebih dahulu. Untuk itulah dibutuhkan stamina yang tinggi jika ingin mengunjungi air terjun ini.

Namun, sesampainya di sana, Anda pasti akan betah berlama-lama, karena akan disuguhi pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk.

Maka tak heran jika banyak orang yang sengaja berkemah di lokasi ini.

10. Padang Mangateh

Padang rumput yang indah ini terletak di Padang Atas, Mungo, Luak. Di sini Anda akan melihat semua pemandangan hijau yang memanjakan mata.

Padang rumput ini sangat luas dan dihuni oleh ratusan hewan ternak yang menawan.

Meski dikembangkan sebagai destinasi wisata, Padang Mangate sebenarnya merupakan kawasan peternakan yang dikelola oleh Balai Besar Peternakan dan Pemberian Makanan Ternak (BPTU-HPT). Peternakan ini sudah ada sejak tahun 1916.

Selain tempat wisata yang tercantum di atas, sebenarnya ada tempat lain yang bisa Anda kunjungi di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Siapkan budget dan stamina ekstra jika ingin mengunjungi semua tempat wisata tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.