7 Makanan Khas Sunda Asli Yang Sangat Populer

Makanan Khas Sunda Asli – Ceritakan sedikit, siapa yang tidak tahu tentang Tanah Pasundan? Yang terkenal dengan budayanya yang kental dan kesederhanaannya.

Kawasan Pasundan merupakan bagian dari wilayah Jawa Barat yang dikenal tidak hanya masyarakatnya yang ramah, tetapi juga terkenal dengan lokasi wisatanya. Ada banyak destinasi wisata di Tanah Pasundan mulai dari wisata alam, edukasi hingga wisata kuliner.

Kali ini saya akan sedikit membahas tentang wisata kuliner masakan khas Sunda . Saya tidak bisa membayangkan betapa istimewanya makanan ini.

1. Soto Bandung

Soto yang berasal dari Kota Kembang ini sebenarnya hampir sama dengan Soto dengan daerah lain pada umumnya.

Namun sop ini menggunakan daging tetelan dalam penyajiannya. Sup ini memiliki kuah yang bening dan memiliki rasa yang gurih.

Dalam penyajiannya yang lengkap, sup ini biasanya menggunakan mangkuk berisi daging giling, kacang kedelai panggang, sejumput daun bawang, dan yang tak kalah pentingnya adalah penggunaan irisan lobak rebus, yang membuat sup ini sangat gurih, yang membuatnya semakin nikmat. lezat. jangan lupa tambahkan air jeruk nipis, kecap asin, dan cabai rawit.

2. Makanan Khas Sunda Asli – Karedok

Pasti banyak yang bertanya apa itu karedok, karedok adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari sayuran mentah.

Mentah? Bisa dimakan? Ayits, jangan salah sangka, pertama-tama karedok terbuat dari sayuran mentah yang dilumuri bumbu kacang yang unik dan sangat menggugah selera.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat caredok antara lain timun, taoge, kol, kacang panjang, terong kecil, dan tak lupa daun kemangi untuk memberikan cita rasa yang lezat pada caredok.

Sangat direkomendasikan untuk orang yang sedang diet dan vegetarian.

Karedok biasanya dimakan dengan tahu, tempe, kerupuk, bahkan nasi dan lontong. Tidak terbayangkan betapa lezatnya makanan asli Sunda ini.

3. Lotek

Lotek adalah makanan asli Sunda selanjutnya. Kebanyakan orang masih belum mengerti perbedaan antara karedok dan lotek dan gado gado dari Betawi ini.

Sepintas baki ini hampir tidak bisa dibedakan dengan ruzhak khas Jawa. Ada sedikit perbedaan antara lotek dan caredo. Jika caredok, maka semua bahan mentah dan bumbunya sedikit lebih cair, dan teksturnya sedikit lebih manis dan pedas.

Jika Lotek semua bahan sudah matang, bumbunya agak kental dan teksturnya lebih gurih. Jadi jangan salah paham guys.

Karedok biasanya disajikan dengan lontong, dan kerupuk udang juga ditambahkan untuk menambah suguhannya. Jika Anda menginap di Bandung, jangan lupa untuk mengunjungi Lotek Kalipah Apo 42 untuk mencicipi sambal kacang yang lezat.

4. Sate Maranggi

Sate maranggi adalah makanan khas yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Pada dasarnya sate ini sama dengan sate pada umumnya, namun menggunakan daging sapi dan kambing. Namun ada banyak ciri khas sate ini yang membedakannya dengan sate lainnya.

Sebelum proses pemanggangan, sate daging yang akan dibakar direndam dengan bumbu rahasia yang memberikan rasa gurih pada sate ini, kemudian dipotong-potong dan dibakar.

Karena sate dilumuri bumbu sebelum dan saat dipanggang, sate ini tidak disajikan dengan sambal sama sekali saat disajikan.

Saat menyajikan sate marangi ini, biasanya ada 8-12 tusuk sate dalam satu piring ditambah ketan goreng yang khas dan penambahan saus oncom yang sedikit pedas menambah kenikmatan sate marangi ini.

Jadi buat teman-teman dari Hamparan yang mau ke Purvakarta jangan lupa mampir ke toko sate Maranggay ya!

Oh ya, buat teman-teman yang ingin menikmati sate ini sebagai hidangan tambahan pernikahan, beberapa food service provider di Bandung juga sudah menyediakannya, jadi jangan khawatir!

5. Nasi Timbel

Siapa yang tidak tahu nasi timbel? Hanya sedikit orang yang tahu dari mana asal beras timbal? nasi timbel adalah makanan khas Sunda yang telah menyebar ke luar daerah Sunda.

Ada banyak versi dari nasi timbel ini, yang terkadang membuat orang bingung harus memilih yang mana. Awalnya, nasi timbel ini disajikan kepada para petani saat mereka sedang beristirahat.

Disajikan di atas daun pisang dengan berbagai lauk pauk seperti ikan asin, ayam goreng, empal, sambal dan lainnya.

Namun sekarang sudah mudah untuk menemukan nasi timbel ini, banyak warung yang menjual nasi ini, jadi jangan khawatir bagi anda yang ingin mencoba masakan ini, sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat dan tidak sulit untuk menemukannya.

6. Makanan Khas Sunda Asli – Tumis Oncom

Makanan khas Sunda selanjutnya adalah onkom. Pastinya banyak yang belum terlalu mengenal makanan khas yang satu ini. Onkom merupakan makanan khas Sunda yang memiliki banyak penggemar.

Oncom hampir sama dengan tempe, namun jika tempe dibuat dari kedelai melalui fermentasi jamur, berbeda dengan oncom yang menggunakan spora.

Banyak olahan oncom, salah satunya oncom goreng. Tumisan ini enak disantap dengan nasi. Makanan khas ini sangat mudah dibagikan di setiap warung yang memilikinya.

Jadi buat kamu yang traveling, jangan lupa mampir untuk mencoba menu ini.

7. Empal Gepuk

Hidangan khas Sunda berikutnya adalah empal gaepuk. Empal gyepuk dan empal gentong memiliki kesamaan dalam hal bahan utama, tetapi kedua hidangan ini sangat berbeda dalam hal masakan.

Empal gyepuk, seperti namanya, adalah proses memasak daging menjadi irisan tipis dan kemudian mengocoknya hingga rata dan dimasak dengan bumbu manis dan gurih.

Setelah matang, empal dimasak kembali agar serat dagingnya empuk dan bumbunya lebih meresap.

Begitu dibuka, dagingnya digoreng hingga kering, dagingnya benar-benar bisa dimakan meski tidak matang. Sajian empal gaepuka ini dengan nasai dan lalapan serta sambal untuk penyedap rasa.

8. Bakakak Hayam

Ini adalah menu makanan asli sunda dan sangat mudah ditemukan di negara pasundan ini. Mungkin sebagian orang menganggap nama kakakak ayam sangat lucu dan unik saat pertama kali mendengarnya.

Tapi begitulah namanya, tapi jangan salah, kalau datang ke Sunda tanpa mencoba makanan ini, rugi banget lho. Setidaknya Anda akan mencobanya sekali dalam hidup Anda jika Anda pernah datang ke tanah Pasundan ini.

Hidangan ini diolah dengan bumbu khas Sunda lalu dipanggang dengan ayam utuh tanpa kepala dan ceker. Kemudian dipanggang dan disajikan dengan pilihan sambal dan sayuran segar.

8. Makanan Khas Sunda Asli – Batagor

Batagor atau bakso tahu goreng adalah makanan khas Bandung dengan bahan ikan tenggiri, tepung sagu dan lain-lain. Diolah dan dibungkus menggunakan kulit pangsit kemudian digoreng.

Batagor disajikan dengan irisan dan disajikan dengan bumbu kacang yang sangat gurih dengan rasa manis dan pedas serta jeruk nipis sebagai penyedap rasa.

Berkat rasanya, batagor telah menyebar luas tidak hanya di Bandung, tetapi bahkan di luar perbatasannya. Jadi makanan ini sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin mencicipi betapa lezatnya makanan khas Sunda ini salah satunya.

10. Empal Gentong

Empal gentong merupakan makanan khas Cirebon yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Disajikan dengan lontong atau nasi, serta daun bawang dan cabai kering sebagai pelengkap hidangan.

Asal usul nama empal gentong berasal dari daging yang dimasak di dalam tong, karena saat menggunakan tong sebagai alat masak, aroma rempah dari empal stik dan menempel pada tong, membuat cita rasa dagingnya semakin maksimal.

11. Nasi Tutug Oncom

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa hidangan ini sangat tradisional tetapi tetap populer di kalangan masyarakat. Nasi ini disajikan dengan onc goreng atau bakar campur.

Nasi tutug-onkom lengkap ini dilengkapi dengan tahu, tempe, ayam goreng, lalap dan sambal terasi sebagai pelengkapnya. Saya tidak bisa membayangkan rasanya.

Bagi Anda yang pemburu makanan sunda, makanan ini jadi rekomendasi khusus untuk Anda.

12. Tauge Tauco

Tauge atau tauco bisa disebut geko, merupakan makanan khas Sunda yang sudah dikenal sejak zaman dahulu.

Geko adalah makanan yang banyak digemari, sepiring penuh dengan beberapa bahan seperti tauge, tahu, kentang, telur, ketupan, dan terakhir dengan saus bumbu tauco.

Kebayang kan enaknya makanan ini? Bagi Anda yang tinggal di Chianjur, geko ini merupakan makanan khas daerah setempat.

13. Seblak

Seblak adalah makanan khas Sunda berikutnya. Masakan unik yang terdiri dari bahan utama kerupuk yang direndam dan direbus dengan bumbu ini, dengan tambahan sayuran dan beberapa bahan lain yang memberikan cita rasa pada seblak ini.

Biasanya disajikan panas-panas di warung, seblak menjadi makanan yang sangat digemari selama ini.

Menawarkan tingkat kepedasan pada menunya, sehingga selain untuk dinikmati rasanya juga memacu adrenalin karena makanannya terasa pedas.

14. Brownies Kukus Bandung

Bagi anda yang menyukai makanan legal dan manis, mungkin anda bisa mencoba sajian yang satu ini yaitu Bandung Brownies. Kue yang memiliki rasa asli dan enak ini sangat populer di kalangan masyarakat Bandung, bahkan banyak toko yang menjualnya di pinggir jalan.

Selain itu, ada beberapa penjual kue Bandung yang sudah membuka cabang di beberapa kota, jadi Anda tidak perlu khawatir jauh-jauh ke Bandung hanya untuk menikmati kue lezat ini.

Demikian sedikit informasi mengenai makanan khas Sunda , semoga bermanfaat.

Sedikit tips untuk Anda yang sering ke daerah Jawa Barat, jangan lupa untuk mencoba makanan di atas. Anda bisa menikmati nuansa hidangan khas Sunda ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.