Cara Mudah Membuat Resep Sambosa Atau Samosa Daging Ayam Enak

Kabausirah.com – Buat teman teman yang memang hobi ngemil, pasti tidak asing lagi dengan jajanan kue basah ini yang berbentuk lonjong dan warnanya coklat muda yang biasanya disebut kue sambosa atau samosa atau disebut juga samosak.

Tapi teman teman tahu gak, ternyata ada beberapa macam jenis kue ini lho, seperti resep sambosa / samosa yang biasanya berisi daging ayam atau daging sapi dan sambosa / samosa sayuran. Ya, sepintas memang orang beranggapan bahwa cara membuat sambosa / samosa sangat sulit, tetapi sebenarnya mudah lho.

Gunakan kulit sambosa / samosa yang sudah siap lipat, bisa kamu beli di link berikut untuk kulit sambosa klik disini, dengan begitu tidak perlu repot membuat kulit sambosa / samosa lagi, kamu hanya perlu membuat isi sambosa / samosa/.


Sebenarnya sih terserah kita juga sih kue sambosa / samosa nya mau diisi apa saja. Bahkan beberapa teman membuat kue sambosa / samosa dengan isi mayonnaise, daging asap atau bahkan seafood. Tetapi yang pasti, yang menjadi salah satu ciri khas Resep sambosa / samosa, baik daging ataupun sayuran adalah potongan wortel sebagai isi dari kulit sambosa / samosa nya.

Buat yang suka dengan daging ayam atau daging sapi. Tetapi buat teman teman yang kebetulan lagi diet daging atau teman teman vegetarian, resep sambosa / samosa sayur mungkin pilihan yang lebih pas.

Teman teman mungkin beranggapan bahwa untuk membuat Resep Cemilan ini paling cepat dan praktis adalah dengan cara membeli kulit lumpia atau kulit sambosa / samosa yang banyak di jual disini.

Sebenarnya tidak salah sih buat teman teman yang tidak punya banyak waktu luang tetapi tetap ingin membuat jajanan buat keluarga. Tetapi kalau saya pribadi sih lebih menyarankan untuk membeli saja kulit sambosa / samosa.

Selain lebih bagus kualitas, dan lebih cepat dalam proses pembuatan simpel tidak repot, tentu beli ditempat dipercaya. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat Resep Sambosa / Samosa enak.

Bahan  Membuat Kulit Sambosa / Samosa Daging Ayam Enak


Bahan :

  • 10 lembar kulit sambosa / samosa ukuran besar.
  • 250 gram daging ayam dicincang
  • 1 adt bubuk cabai (jika anda suka rasa pedas bisa di tambahkan
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • 1 sdm bumbu kari instan (bisa dibeli di supermarket) bisa juga menggunakan bumbu kari bubuk
  • 1 sdt bubuk cabai (jika suka rasa pedas bisa ditambahkan)
  • Garam dan Gula secukupnya.
  • 2 sdm kacang polong
  • 2 sdm bawang putih
  • 1 butir telur kocok lepas sebagai perekat

Cara Membuat Kulit Sambosa / Samosa Daging Ayam Enak

Cara membuat :

  1. Untuk langkah awal panaskan margarine hingga meleleh lalu tumis bawang putih halus hingga harum
  2. Tambahkan ayam masak hingga berubah warna
  3. Masukkan bumbu kari, bubuk cabai, garam, gula dan kacang polong
  4. Tambahkan air sedikit agar tidak terlalu kering
  5. Angkat jika sudah matang
  6. Siapkan kulit samosa olesi bagian tepinya menggunakan telur
  7. Letakkan bahan isian di ujung atas samosa, lipat bagian atas kulit sehingga menutupi isi dalam bentuk segitiga
  8. Lipat lagi dari sisi berikutnya, lakukan terus hingga semua isian tertutup dan membentuk segitiga
  9. Goreng dalam minyak panas sampai tercelup semua ke minyak agar matang sempurna
  10. Sajikan hangat bersama saus botol
  11. Nah sajikan masakan ini pada keluarga anda semua.

Penutup

Resep Sambosa / samosa diatas siap untuk digoreng dengan api sedang kecil. Supaya hasilnya bagus, sebaiknay gunakan minyak yang banyak supaya semua bagian kue sambosa / samosa nya terendam ke dalam minyak.

Selain dinikmati sendiri bersama anggota keluarga yang lain atau buat hidangan saat ada tamu, sambosa / samosa ayam diatas juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk bisnis kuliner lho. Siapa tahu banyak yang suka dan berkembang besar.

Untuk ide memasak yang lain. Selamat mencoba dan jangan lupa share ke Facebook atau Twitternya ya. Siapa tahu ada teman atau anggota keluarga yang lain yang butuh cara membuat sambosa / samosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.