Resep dan Cara mudah membuat Roti Maryam Mudah Dipraktikkan

Kabausirah.com – Buat teman teman yang hobi ngemil atau hobi makan jajanan pasti sudah tahu dong kelezatan dan enaknya kue Roti Maryam. Ya, jajanan satu ini yang biasanya membuat ketagihan karna testur dan rasanya yang berbeda dari Roti lainya ini, memang tidak mudah menemukan penjual jajanan satu ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak dan memberikan cara membuat Roti Maryam yang cukup sederhana untuk dicoba di rumah.

Kue Roti Maryam tidak hanya cocok untuk teman minum teh atau kopi di sore hari atau pagi hari, tetapi kue satu ini sekarang sudah banyak ditemukan sebagai salah satu kue cemilan favorit untuk acara acara penting, seperti arisan, ulang tahun bahkan untuk snack di rapat rapat kantor.

Ya, mungkin kita dulu cuma mengenal dan menemukan penjual Roti Maryam di tempat tertentu saja. Tetapi dikarenakan rasanya yang enak dan lezat, sekarang kue Roti Maryam juga gampang ditemukan. Mungkin buat teman teman yang sekedar iseng atau hanya mencari cemilan untuk teman ngobrol, membeli Roti Maryam mungkin lebih praktis.

Tetapi kalau teman teman lagi ada acara penting atau bahkan mencari sumber penghasilan buat keluarga, saya rasa harus mengetahui bagaimana cara membuat resep Roti Maryam.

Buat teman teman yang belum pernah mencoba membuat Roti Maryam, mungkin beranggapan bahwa cara membuat kue Roti Maryam ini mudah. Tetapi sebenarnya cukup sulit lho. Ya, Biasanya sih memang orang ingin yang mudah dan praktis, saya sarankan untuk membeli Roti Maryam saja.

Selain hasilnya pasti lebih enak dan lezat, kita juga tidak repot untuk membuatnya, tetapi kalau teman teman ingin mencoba membuat kue Roti Maryam yang enak dan lezat lagi mudah dan praktis silahkan melihat cara membuat Roti Maryam dan bahan bahan apa saja yang dibutuhkannya di bawah.

Resep dan Cara mudah membuat Roti Maryam

Bahan Membuat Roti Maryam :

  • 500 gr tepung terigu protein tinggi
  • 50 gr margarin / butter/ samin
  • 1 1/2 sdt garam
  • 200 ml air
  • 2 btr telur
  • 100 ml minyak goreng untuk celupan
  • 80 ml minyak goreng untuk adonan

Cara Membuat Roti Maryam :

  • Langkah pertama, aduk bahan utama tepung, telur garam dan air untuk diuleni sambil sedikit dibanting-banting hingga adonan kalis dan terasa lembut.
  • Langkah kedua, bulatkan adonan dan letakkan didalam baskom kering. Setelah itu, tutup dengan menggunakan plastik/serbet bersih, dan diamkan kurang lebih hingga 1-2 jam. Hal Ini dilakukan agar adonan melunak.
  • Langkah ketiga, Potong-potong adonan dan timbang seberat 50 gram, kemudian bentuk menjadi bulatan. Setelah itu diamkan kira-kira selama 20 menit.
  • Kemudian tipiskan adonan dengan menggunakan tangan dan bentangkan hingga benar-benar terlihat tipis (persis seperti ketika membuat martabak) di atas meja yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak.
  • Kemudian, perciki adonan dengan samin atau mentega cair.
  • Lalu gulung dan satukan kedua ujungnya, setelah itu adonan dimasukkan dalam lemari es kurang lebih selama 10 menit.
  • Selanjutnya, pipihkan adonan satu persatu. Kemudian panaskan sedikit dengan menggunakan minyak goreng dan minyak samin di wajan datar/teflon.
  • Terakhir, goreng adonan dengan api takaran kecil satu per satu sambil disiram-siram hingga matang. Setelah itu angkat dan kue maryam buatan anda siap untuk disajikan.

Penutup

Bagaimana ? Mudah bukan? saya kira kalian kaum adam dan hawa bisa membuatnya, bahkan saya yakin kalian yang awam dan baru belajar memasak bisa mempraktekannya.

Mungkin cuma itu yang bisa saya berikan di kesempatan kali ini tentang Resep Roti Maryam, semoga saya menyampaikan caranya jelas dan kalian yang ingin mencoba bisa dengan mudah membuatnya.

Jangan lupa terus kunjungi kabausirah.com karena saya akan memberikan lebih banyak lagi resep-resep yang ada di berbagai daerah di Indonesia dan bahkan sampai makanan yang terkenal di luar negeri. Jangan lupa juga baca artikel sebelumnya yang pernah saya berikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.